Cabai | cabe or 42

Cabai | cabe or 42

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran maupun bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sbg penguat rasa mknn. Bagi seni masakan Padang, cabai bhkn dianggp sebagai "bhn makanan pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt slt bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu spesies sayuran yg memilki nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng brbg jenis senyawa yg brgn bagi kesehatan manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mengandung antioksidan yang brfngs untuk mnjg tbh dari srngn radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yg berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang bnyk dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn mempunyai hrg jual yg tngg [2]& mempunyai beberapa mnft kshtn yang salah satunya adl zat capsaicin yang berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pd cabai dapat memenuhi kebutuhan harian stp orang, namun harus dikonsumsi sckpnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) & mrpkn tanaman yang mudah ditanam di dataran rndh ataupun di dtrn tinggi. Tumbuhan cabai banyak mngndng vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas & memberikan khngtn panas bl digunakan untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditanam dg mdh sehingga dapat dipakai untuk kbthn sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.

Tumbuhan cabai cocok ditanam pd tanah yang kaya humus, gembur & sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Wkt tnm yang baik untk lhn kering adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh hrg cabai yang tngg, dapat juga [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober & panen pada bln Desember, wlpn ada rsk kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak melalui bj yg ditnm dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama & penyakit. Buah cabai yg telah diseleksi untk bibit dijmr hingga kering. Kalau panasnya cukup dlm lima hari telah krngkering kmdn br diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi

Salah satu gangguan utm dlm sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya srngn lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 menunjukkan bhw krskn pada tanaman cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng sering tmpk sehat dan utuh dari luar ttp bila dilht di dalamnya membusuk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya trutm adalah lalat buahBactrocera carambolae. Krn gjl awalnya yg tak tmpk jelas, smntr hama ini sbnrnnya msh terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditkt sehingga dapat menjadi penghambat ekspor buah-buahan maupun pada produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama penting pd budidaya cabai krn dpt mnybbkn kerusakan hingga 80%. Cara pengendaliannya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sudah dilakukan cara untk mngndlkn serangan lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang dapat mncgh srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untk dilakukan pada tumbuhan cabai dlm areal yg luas. Sementara pnggnn insektisida selain mencemari lngkngn juga sngt berbahaya bagi knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pengendalian yg ramah lngkngn & cocok untuk diterapkan di areal luas seperti di lhn sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik karena dianggap praktis, mdh didapat, dan menunjukkan efek yg cpt. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-02-28 5:15:20 * 2019-02-28 02:33:19

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabe or 42 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

1 Komentar untuk "Cabai | cabe or 42"

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit