Durian | bakal buah durian rontok

Durian | bakal buah durian rontok

Durian adl nm tmbhan tropis ygberasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya ygbs dimakan.  Nama ini diambil drciri khas klt buahnya yang  keras & berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadalah buah yang kontroversial, meskipunbnyk orgyg menyukainya, nmn sbg yg lain malah muak denganbau.

Sesnghny, tumbuhan} dengan nm durian bkl spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dr marga Durio.[1] Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yg dpt dikonsumsi dan kdngkl dijumpai di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antrnya adalah lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Utk slnjtnya, uraian di bawah ini mengacu kpd D. zibethinus.
 

Trdpt banyak nama lokal. Nm terbnyk dijumpai di Kalimantan, yang mengacu pd berbagai varietas & spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sbg duren (bahasa Jawabahasa Betawi) & kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian &duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, org Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon & kepulauan Lease biasa disebut sbg Doriang. Di Pulau Seram bagian timur dsbt rulen.

Pst keankrgmn durian adl Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny juga memiliki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya meskipun tdk semelimpah Kalimantan. Meskipun demikian, pengekspor utama durian adalah Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dg mutu tinggi & sistem budidaya yg baik. Tempat lain yg membudidayakandurian dengan orientasi eksporadl Mindanao di Filipina,Queensland di AustraliaKambojaLaosVietnamIndia, & Sri Lanka.

Di Filipina, pst penghasil durian adalah di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamrpkn perayaan tahunan untuk durian di Davao City.

Pohon tahunanhijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) ttp ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing /atau peronaan) yang terjadi setelah masa berbuah selesai. Tumbuh tinggi dapat mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian sering memiliki banir (akar papan). Pepagan (kulit btng) berwarna cklt kemerahan, mnglps tak brtrn. Tajuknya rindang & renggang.

Daun brbntk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul & berujung lncp melandai; sisi atas berwarna hijau trng, sisi bawah tertutup sisik-sisik brwrn perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang.[4]

Bunga (juga buahnya) mncl langsung dr batang (cauliflorous) / cabang-cabang ygtua di bgn pangkal (proximal), berklmpk dlm



krngn berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal / malai rata. Kuncup bunganya [mmblt|membulat}, sekitar2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bentuk tabung spnjng lk. 3 cm, daun klpk tmbhn trpch bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× pnjg kelopak, berjmlh 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, trbg ke dalam 5 berkas; kepala putiknya membentuk bongkol, dengan tangkai yang berbulu.[4] Bunga mncl darikuncup dorman, mekar pd sore hari & bertahan hngg bbrp hari. Pada siang hari bunga mntp. Bunga ini menyebarkan arm wangi yang berasal dari kelenjar nektar di bgn pangkalnya untuk mnrk perhatia kelelawar sbg penyerbuk utmnya.[5] Kajian di Malaysia pada tahun 1970-an menunjukkan bahwa penyerbuk durian adl kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian thn1996 lebih jauh mnjkn [bhw|bahwa} hewan lain, sprt burung madu Nectariniidae & lebah trt serta dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya.[3][6]

Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulat, blt telur hingga lonjong, dengan pnjng hngg 25 cm dan diameter hingga 20 cm.[4] Kulit buahnya tebal, permukaannya bersdt tajam ("berduri", karena itu dsbt "durian", walaupun ini bkn duri dalam pngrtn botani), bwrn hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.

Buah berkembang stlh pembuahan dan memerlukan 4-6 bulan untk pemasakan. Pada masa pemasakan terjadi persaingan antar buah pd satu klmpk, sehingga hny satu ataubeberapa buah yg akn mncp kemasakan, &\dan sisanya rontok. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kilogram, shgg kebun durian menjadi kwsn ygberbahaya pdms msm durian. Apbl jatuh di ats kpl seseorang, buah durian dpt menyebabkan cdr berat atau bhkn kematian.

Stp buah mmlk lima ruang (awam menyebutnya "kamar"), yg menunjukkan banyaknya daun buah ygdimiliki. Masing-masing ruangan terisi olh bbrp bj, bsnya tiga btr atau lebi, lonjong hingga 4 cm panjangnya, dan berwarna merah muda kecoklatan mngklp. Biji trbngks olh arilus (salut biji), yang biasa disebut sbg "daging buah" durian) berwarna pth hingga knng terang dengan ktbln yang beranekaragam, nmn pd kultivar unggul ktbln arilus ini dpt mncp 3 cm. Bj dg salut biji dlm perdagangan disebut ponggèPemuliaan durian diarahkan untk menghasilkan bj yang kecil dg salut biji yang tebal, karena salut bj inilah bagian yg dimakan. Bbrp jenis unggul mnghslkn buah dengan bj yang tidak berkembang namun dg salut bj tebal (disebut "sukun")


Durian sngt bervariasi. Sebagaimana dsbt di muka, bbrp spesies sln durian benar (D. zibethinus) juga dianggp sebaga durian. Di Indonesia trctt ada 20 jenis anggota Durio (dr hampir30-an jns), sembilan di antrnya dpt dimkn.[3][7] Durian yang bnr pun mmlk banyak variasi. Lmbg penelitian di Indonesia, Malaysia, & Thailand telah merilis berbagai kultivar durian unggl. Sln itu terdapat pula ras-ras lkl yang dikenal baik nmn blm mnglm thp seleksi untuk mngktn  kualitasnya.

 

2019-02-05 8:44:28 * 2019-02-05 05:04:10

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian | bakal buah durian rontok adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian | bakal buah durian rontok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit