Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma

Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma



Gambar untuk Kurma (pohon) + bentuk pohon kurmaKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah Bentuk buahnya lonjong silinder dengan panjang 3 7 cm, berdiameter 2 3 cm dan ketika   Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah ► 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Pohon Kurma dan Buahnya YouTube► 1:26 youtube watch?v=H2j5q072Tbo3 Mei 2015 1 menit Diupload oleh UJUNG JARIFoto foto pohon dan buah kurma yang lebat Subscribe saja Ujung Jari Channel, biar Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar ► 12:26 youtube watch?v=lHhWtW3ZmpY26 Okt 2017 12 menit Diupload oleh Bertani BuahPanduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar Cepat Berbuah Di Kurma, Pohonnya Bisa Hidup sampai 100 Tahun Islampos islampos kurma pohonnya bisa hidup sampai 100 tahun 28900 CacheKURMA Pasti kita sudah mengetahuinya dengan baik Yang agak kurang diketahui adalah bagaimana bentuk pohonnya Pohon kurma bernama latin Phoenix  "Amazing", Kurma Berbuah Lebat di Indonesia oleh Abbaz Sukarno kompasiana amazing kurma berbuah lebat di indonesiaCache29 Nov 2018 Siapa sangka, pohon kurma yang awalnya didatangkan untuk agrowisata Warna dan bentuk kurma menunjukkan jenis kurma tertentu Data Pohon Kurma Yang Sudah Berbuah di Indonesia | Bibit Buahku bibitbuahku data pohon kurma yang sudah berbuah di indonesiaCache9 Ags 2017 Pohon kurma depan masjid tajriyah Rempoa Ciputat Tujuan Penanaman awal : Ditanam sudah berbentuk pohon besar seperti digambar  Istimewanya Pohon Kurma di Thailand Kampung Kurma izlog org istimewanya pohon kurma di thailand Cache17 Apr 2018 Namun hal itu berubah setelah ditemukan pohon kurma di Thailand bahkan sudah dalam bentuk perkebunan komersil Thailand kemudian  kurma thailand | Majalah Pertanian Trubus Online trubus online co id tag kurma thailand CacheMiripBentuk dinding tersebut mirip drum, tetapi bagian bawah berlubang Ketika itulah ratusan pohon kurma di kebunnya tengah menggendong tandan berisi 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Papua Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Aceh, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Tengah

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah bentuk pohon kurma di Bukittinggi, Bireuen, Kab. Kebumen, Minahasa Selatan, Kab. Sambas, Kab. Kebumen, Jakarta Barat, Nias Selatan, Tolikara, Pidie, Maybrat, Kab. Bojonegoro, Sawahlunto, Kab. Serang,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma di Kec. Gekbrong, Kec. Wonopringgo, Kasomalang, Kec. Bojong Gede, Matakali, Kec. Jenamas, Kec. Siantar Timur, Anreapi, Kec. Ngaliyan, Kec. Kubung, Kec. Gampangrejo, Kec. Cicendo, Masohi, Kec. Adimulyo, Kec. Banjarwangi, Pabuaran, Kec. Gamping, Tapalang, Kec. Batang Onang, Kec. Medan Tembung

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tumbuhan palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimakan. Walaupun tmpt asalnya tidak diketahui krn tlh sjk lama dibddykn, kmngkn tanaman ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dg tinggi sktr 15-25 m, tmbh scr tunggal atau membentuk rumpun pada sjmlh batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki pnjng 3-5 m, dengan duri pd tangkai daun, menyirip dan mempunyai sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm & lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi
Nama varietas dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pd saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico dan California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah
Buah yg dihasilkan oleh tumbuhan kurma dikenal sbg buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dg pnjng 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter danketika masih muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma mempunyai bj tunggal yang ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini trgntng pd kndngn glukosa, fruktosa & sukrosa.
Pohon kurma merupakan tanaman varietas dioecious, yaitu memiliki tumbuhan jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka dapat tumbuh dg mudah dari bakal biji, tetapi hny 50% pohon betina yang ditnm scr pembibitan akan berbuah, & mnghslkn buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan mnggnkn perkembangbiakan stek pd pohon, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa mnghslkn panen yg banyak serta buah yg manis dan besar. Pohon yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal drpd pohon yg mnggnkn bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pada tumbuhan kurma dilkkn scr alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn scr manual. Penyerbukan alami pd pohon jantan dan betina, dapat trjd dg jumlah yg sama antara kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tumbuhan jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Tanaman jantan yg mrpkn sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani menggunakan smbr daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pada pohon betina.

Beberapa petani bahkan tidak mmlhr tumbuhan jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pkrj trmpl dengan mnggnkn bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pkrj memanjat tumbuhan dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari dapat diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat golongan, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 g kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tidak mnjdknnya jauh lbh pekat pd saat proses pngrngn berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tanaman tradisional yang pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl mknn tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat pdbgn selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Pohon kurma bisa berbuah stlh ditnm selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 tahun. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk & kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat pohon mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adalah sumber yang sngt baik untuk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang telah masak sekitar 80%; sisanya terdiri dr protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tanaman kurma disadap untk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg diknl sbg jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dari penyadapan tumbuhan palma diknl sebagai lagbi. Jk dibiarkan untuk jangka wkt yg cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lagbi dengan mdh dapat mnjd mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tanaman palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilindungi Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga digunakan untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Bj kurma trsbt direndam dr bawah ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untk dgnkn dlm bentuk sabun dan kosmetik. Mrk jg bisa diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak & dapat dirngk menjadi kalung. Biji kurma juga tanah dan dgnkn pada olahan bj kopi atau sebagai bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli bisa dgnkn sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dr buah yang matang digunakan sbg plps untk tas kulit dan pipa untk mencegah kebocoran.

Getah tumbuhan kurma dapat digunakan untk membuat sirup danberbagai produk dapat dimkn berasal dari sirup.

Daun tanaman kurma dgnkn untk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yang diolah dapat dgnkn sbg isolasi kardus. Tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa dapat dijadikan sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang brhrg mengeluarkan aroma serta seratnya juga bisa digunakan sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sbg lulav.

Kayu kayu pohon kurma digunakan untuk tiang dan langit-langit pada pondok, karena lebih ringan dari kelapa & tdk bgt thn lama. Kayu jg digunakan untk konstruksi sprt jembatan dan saluran air, dan bagian dari dhows. Sisa kayunya dibkr sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi kerajinan masih berkembang, sprt di Oman, tumbuhan palem adalah yang paling serba guna dr semua pohon asli, & hmpr setiap bagian dr tanaman digunakan untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, & tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yang brmslh.[butuh rujukan] Kurma dapat dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bhw kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk biji juga dgnkn dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, dgnkn untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-28 7:41:15 * 2019-03-28 07:40:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit