Mahoni | pohon mahoni dan manfaatnya

Mahoni | pohon mahoni dan manfaatnya

 

Mahoni adalah anggt suku Meliaceae yang mnckp 50 genera & 550 spesies tumbuhan kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tanaman besar dengan tngg pohon mncp 35–40 m dan diameter mncp 125 cm.[2] Btng lurus berbentuk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sedangkan kulit btng brwrn abu-abu &  halus ketika msh muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan  mnglps stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt ditemukan tumbuh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sbg tanaman plndng.[5] Pohon yg asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni bisa mngrng polusi udara sekitar 47% - 69% sehingga dsbt sbg tanaman pelindung sekaligus filter udara dan  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sktrnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang mmbt udara di sekitarnya mnjd segar.[7] Ktk hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yg jth, sehingga mnjd cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan peredaran darah sehingga para pndrt penyakit yang mnybbkn trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pd slrn darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan &  lebam, serta brtndk sbg antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mngrng lemak di badan, membantu mngktkn sistem kkbln, mencegah pembekuan darah, srt mngtkn fungsi hati &  memperlambat proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yang dapat brthn hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditanam di tepi jln. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah pohon yang baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Pohon Asam, sudah bnyk ditnm di pinggir jalan sebagai peneduh terutama di spnjng jalan yang dibangun olehDaendels antr Anyer smp Panarukan. Sejak 20 thn terakhir ini, tumbuhan mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya mempunyai nilai ekonomis yg cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan  sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris karena sftnya yg tdk mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijlk sbg primadona kedua untk mwrn pakaian. Kain yg dirbs bersama kulit mahoni akan mnjd kuning &  tidak mudah lntr.Sedangkan getah mahoni yang dsbt jg blendok bisa diprgnkn sbg bahan baku lem, dan  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj pohon mahoni juga dapat dgnkn sebagai pestisida nabati untk mengendalikan hama pada pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani merupakan salah satu alternatif pngndln yg brtjn untk mngrng dampak negatif akbt pnggnn insektisida sintetik yang tidak bijaksana.

 

2019-03-06 13:00:07 * 2019-03-06 12:04:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni dan manfaatnya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni dan manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit