Vanili | tanaman vanili pdf

Vanili | tanaman vanili pdf

 

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tumbuhan pnghsl bubuk vanili yg biasa dijadikan pewangi mknn. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yg berbentuk polong.

Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan tersebut. Nama daerah drI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tumbuhan vanili kira-kira sbsr jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 centimeter. Tumbuhan mlkt pd pohon atau tonggak yang telah disediakan.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Ltknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepnjngn 10-25 centimeter srt lebar 5-7 cm. Bntk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pd waktu daun msh muda tidak jelas kelihatan.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yg terdr dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bg pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak wangi.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yg trltk dlm dua lngkrn. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bgn dalam petal. Satu dr petalnya brbh bentuk, mngglng sprt corong yang disebut bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tumbuhan vanili dpt berbuah karena ada serangga yang mmbnt penyerbukannya.

Putik pada bunga vanili trttp oleh bibir, shngg penyerbukan scr alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, letaknya lebih tngg daripada kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kpl putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disn akan segera menempel & terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hanya dpt berthn satu hari. Jika bunga yang tlh mekar itu tdk segera dikawinkan, akan layu dan kmdn rontok. Oleh sbb itu hrsssrng keliling kebun untuk mengontrol perkmbngn vanili.

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adlpada pagi hari. Hari-hari basah dan kering sekali tidak baik untuk penyerbukan. Brhsl atau tdknya penyrbkn akan tampak setelah dua atau tiga hari. Bunga yg brhsll diserbuki akan brbh warnanya mnjd lbh pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya ttp mnmpl pd tandan bunga. Bunga yg tidak berhasil diserbuki akan gugur. Stlh trjd pembuahan antr 10-15 buah, bunga pd tandan yg masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pada pembentukan dan pembesaran buah.

Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 mm. Satu minggu setelah penyrbkn bakal buah itu dpt mncp panjang 8-10 centimeter. Lima minggu kmdn buah tlh mencapai pnjng maksimal 20-25 cm, dengan garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mencapai prkmbngn yg mksml, lima atau enam bln kmdn buah akan matang.

Warna buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dg garis-garis kuning menjelang masak. Buah yg telah matang brwrn coklat tua. Jk dibiarkan matang di pohon, buah akan pch mnjd dua bgn, & menyebarkan aroma vanili.  buah kecil-kecil, banyak sekali jumlahnya, brwrn hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-03-02 22:59:24 * 2019-03-02 19:47:22

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tanaman vanili pdf adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tanaman vanili pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit