Cabai | kontes makan cabai 2018

Cabai | kontes makan cabai 2018

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bgmn digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni mskn Padang, cabai bahkan dianggp sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt slt bagi masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu varietas sayuran yg mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mengandung brbg jenis snyw yang berguna bg kesehatan manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang brfngs untk menjaga tbh dari srngn radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai juga mngndng Lasparaginase & Capsaicin yang berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan slh satu produk sayuran yg bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tngg [2]& memiliki bbrp manfaat kshtn yang slh satunya adalah zat capsaicin yg brfngs dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pd cabai dpt mmnh kebutuhan harian setiap orang, namun hrs dikonsumsi sckpnya untuk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yg mdh ditanam di dtrn rendah ataupun di dtrn tinggi. Tanaman cabai bnyk mngndng vitamin A dan vitamin C srt mengandung minyak atsiri capsaicin, yg menyebabkan rasa pedas & memberikan khngtn panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditnm dengan mdh sehingga dapat dipakai untk kbthn sehari-hari tanpa hrs membelinya di pasar.

Pohon cabai cocok ditnm pada tanah yg kaya humus, gembur & sarang, srt tdk tergenang air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Wkt tnm yg baik untuk lhn krng adalah pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yang tinggi, dapat jg [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk melalui bj yang ditnm dari tumbuhan yg sehat serta bebas dr hama & penyakit. Buah cabai yang tlh diseleksi untk bibit dijemur hngg krng. Kalau panasnya cukup dlm lima hari telah krngkering kemudian br diambil bjnya: Untuk areal satu hektar dibthkn sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gr bj).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utm dlm sstm produksi cabai di Indonesia adalah adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw kerusakan pd tumbuhan cabai di Indonesia dpt mncp 35%. Buah cabai yg trsrng sering tampak sehat & utuh dr luar ttp bila dilht di dlmnya mmbsk & mengandung larva lalat. Penyebabnya terutama adalah lalat buahBactrocera carambolae. Krn gjl awlnya yg tak tmpk jls, sementara hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditakuti shngg dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama penting pada budidaya cabai krn dpt mnybbkn kerusakan hingga 80%. Cara pngndlnnya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan upaya untk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yang bisa mencegah srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tdk praktis untuk dilakukan pd pohon cabai dlm areal yang luas. Smtr pnggnn insektisida selain mncmr lngkngn jg sangat brbhy bg konsumen buah. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pngnndln yg ramah lngkngn & cck untk diterapkan di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Upaya pengendalian lalat buah pd tumbuhan cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah didapat, dan menunjukkan efek yang cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-02-10 4:40:29 * 2019-02-10 03:36:09

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | kontes makan cabai 2018 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | kontes makan cabai 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit