Kersen | olahan buah kersen

Kersen | olahan buah kersen

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman sklgs buahnya yg kecil & manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, sprt di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untuk ceri yg sebenarnya, lht artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adl datilesaratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Juga diknl sebagai capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, dan  Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dr sini diambil mnjd kersen dalambahasa Indonesia atau ada yg mnybtnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksi&  alami sehingga bisa menghambat pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dlm botol siapminum, teh daun Kersen ini menjadi mnmn herbal ygdigmr para remaja.

Pemerian

Perdu atau pohon, tinggi smp 12 m, msk umumnya hanya sekitar 3-6 m saja. Hijau abadidan  trs mnrs berbunga dan  berbuah spnjng thn.

Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; membentuk naungan yg rindang. Ranting-ranting berambut hls bercampur dengan rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.

Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan  berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bentuk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering &  rontok, smntr sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sebelah atas tmbhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan  berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari berjumlah bnyk, 10 smp lbh dari 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; nmn stlh menjadi buah menggntng ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang mnjd buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan  akhirnya merah apblmasak, bermahkota sisa tangkai putik yang tidak rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging &  sari buah yg manis skl.

Selain itu, buah kersen juga dapat digunakan untuk obat penyakit asam urat, diabetes, &  msh bnyk lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan  codot. Anak-anak sekolah srng mmnjt pohonnya, meninggalkan bekas-bekas brp ranting yang berpatahan dan  kulit batang yg terklps. Buah ini juga dpt dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Tanaman kersen di Indonesia mdh ditemukan. Biasanya tanaman ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan  mdh kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas dgnkn sebagai bahan tali dan  kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan  burung cabe, srng mengunjungi tanaman ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yang manis. Di wkt hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yg dtng dg tujuan yang sama. Biji kersen tdk tercerna oleh burung &  codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sklgs bfngs sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sbg tanaman peneduh di pinggir jln. Tanaman kecil ini awalnya sering tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, &  akhirnya tmbhdengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sbg pohon naungan. Sbb itulah pohon kersen seringkali ditmkn di wly perkotaan yang ramai &  padat, di tepi trotoar dan  lahan parkir, di tepi sungai yang tdk terurus atau di tempat-tempat yg biasa krng berkpnjngn.

Karena sifat-sifat &  daya tahannya itu, kersen mnjd slh satu tanaman pionir yg paling banyak ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, KaribiaAmerika Tengah smp ke Peru & Bolivia), kersen dibawa msk ke Filipina pada akhir abad-19, dan  lalu dengan cpt mnybr di slrh wilayah tropis Asia Tenggara.

2019-02-10 2:36:09 * 2019-02-08 04:22:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen | olahan buah kersen adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen | olahan buah kersen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit