Cengkih | pertanian cengkeh modern

Cengkih | pertanian cengkeh modern

Cengkih (Syzygium aromaticumsyn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adl tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah  tanaman asli Indonesia, bnyk dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sbg bhn utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditnm terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di ZanzibarIndia, dan Sri Lanka.

Tanaman ini adl  flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian

Pohon cengkih merupakan tanaman thnn yg dpt tumbuh dg tinggi 10–20 meter, memiliki daun berbentuk lonjong yang berbunga pd pucuk-pucuknya. Tangkai buah pd awalnya brwrn hijau, dan berwarna merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jk sudah mencapai pnjng 1,5–2 centimeter.

Penggunaan

Cengkih dpt digunakan sbg bumbu, baik dalam bntknya yang utuh atau sbg bubuk. Bumbu ini digunakan diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih dgnkn sbg bhn rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sebagai bhn dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan JepangMinyak cengkih digunakan di aromaterapi & juga untk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sbg pestisida nabati & efektif cuntk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg mmbrkn 50-100 grdaun cengkih kering per pohon[1].

Sejarah cengkih

PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yg mendekatinya untksblmnya menguyah cengkih, agar harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sngtlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bhn tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tukar mnkrdi Laut India. Brsm itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu jg dg perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mrk dapatkan dari kepulauan Maluku ke Eropa. pd saat itu hrg 1 kg cengkih sama dg hrg 7gr emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pd abad ke-17. dg susah payah orang Prancis brhsl membudayakan tanaman Cengkih di Mauritius pd tahun 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di GuyanaBrasiliadan Zanzibar.

pPda abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan hrg  emas krn tingginya biaya impor. Sbb cengkih disana dijdkn salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bg warga dan sekitarnya yg mengonsumsi tanaman cengkih tsbt. Smp sekarang cengkih menjadi salah satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.

Pohon cengkih yang dianggap tertua yg msh hidup terdapat di Kelrhn Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sktr 6 kilometerdr pusat kota Ternate. Tanamanyang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 meter, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 m. Setiap thnnya ia mampu menghasilkan sekitar 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih

Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih srng digunakan untk mnghslkn bau napas & untuk mnghlngkn sakit gigi. Zat yg trkndng dalam cengkih yg bernama eugenol, digunakan dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih jg digunakan dlm campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dlm minyak mineral; "chōji" berarti cengkih; "yu" brrt  minyak) dan dgnkn oleh orangJepang untk merawat permukaan pedagang mereka.

2019-03-01 12:21:19 * 2019-03-01 09:58:19

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | pertanian cengkeh modern adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

1 Komentar untuk "Cengkih | pertanian cengkeh modern"

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit