Vanili | tutorial tanaman vanili

Vanili | tutorial tanaman vanili

 

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman pnghsl bubuk vanili yang biasa dijadikan pewangi makanan. Bubuk ini dihslkn dari buahnya yg brbntk polong.

Tanaman vanili dikenal prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nm daerah drI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tanaman vanili kira-kira sbsr jari, brwrn hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tumbuhan mlkt pada pohon atau tonggak yang telah disediakan.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Ltknya berslng-slng pd masing-masing buku. Warnanya hijau trng, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 centimeter. Bntk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak stlh daun tersebut tua atau mengering, sdngkn pada waktu daun msh muda tdk jelas kelihatan.

Rngkn bunga vanili adl bunga tandan yg terdiri dr 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak wangi.

Bunga vanili terdiri dr 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yg trltk dlm dua lngkrn. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lbh bsr daripada bgn dlm petal. Satu dari petalnya brbh bntk, menggulung seperti corong yg dsbt bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tanaman vanili dpt berbuah karena ada serangga yg membantu penyerbukannya.

Putik pada bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga penyerbukan secara alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, letaknya lbh tngg drpd kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kpl putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disana akan segera mnmpl & terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hny dpt berthn satu hari. Jika bunga yg telah mekar itu tidak sgr dikawinkan, akan layu dan kmdn rontok. Oleh sebab itu harusssrng keliling kebun untuk mngntrl perkmbngn vanili.

Saat yg baik untk mengawinkan bunga vanili adalahpada pagi hari. Hari-hari basah dan kering skl tidak baik untuk penyrbkn. Brhsl atau tdknya penyrbkn akan tampak setelah dua atau tiga hari. Bunga yang brhsll diserbuki akan brbh warnanya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya tetap menempel pada tandan bunga. Bunga yang tidak berhasil diserbuki akan gugur. Stlh trjd pembuahan antara 10-15 buah, bunga pd tandan yg masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pd pembentukan & pembesaran buah.

Pd wkt bunga mekar, pnjng bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 millimeter. Satu minggu stlh penyrbkn bakal buah itu dapat mncp pnjng 8-10 centimeter. Lima minggu kmdn buah telah mencapai pnjng mksml 20-25 centimeter, dg garis tengah 1,5 centimeter. Stlh buah mencapai prkmbngn yg maksimal, lima atau enam bulan kmdn buah akan matang.

Wrn buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dg garis-garis kuning menjelang matang. Buah yang tlh matang berwarna coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pch menjadi dua bgn, & menyebarkan aroma vanili.  buah kecil-kecil, bnyk skl jmlhnya, brwrn hitam & berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-02-18 17:54:03 * 2019-02-18 17:41:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tutorial tanaman vanili adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tutorial tanaman vanili"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit