Cermai | manfaat buah cermai

Cermai | manfaat buah cermai

Cermai[1]ceremaicereme atau cerme adalah nm semacam tumbuhan dg buahnya sekali. Buah yg masam ini diknl pula dg nama-nama lain sprt ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dlm bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberryMalay gooseberry & beberapa sebutan yang lain. Nm ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.

Pemerian

Perdu atau tumbuhan kcl dengan ketnggn sampai 9 m, bercabang rendah & renggang. Sepintas, tumbuhan cerme bukan tidak mrp dengan tanaman belimbing wuluh.

Daun tunggal, bundar telur dg ujung runcing, panjang 2-7 centimeter, trssn di rantingnya sprt daun majemuk menyirip.

Bunga-bunganya berkelamin tnggl atau ganda, merah, berbilangan 4, trssn dlm malai hngg 12 centimeter. Buah batu, bulat dg 6-8 rusuk, kuning keputihan mnyrp lilin, berdiameter hngg 2,5 centimeter, bergantungan sendiri atau dlm untaian. Daging buah keputihan, masam & bnyk berair, di tnghnya terdapat inti yg keras dengan 4-6 butir biji.

Manfaat

Buah cerme srng dimakan sgr dg dicmpr gula, garam atau dirujak. Cerme juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat mnmn pnygr. Daun mudanya digunakan sebagai lalap.

Daun dan biji dari tanaman ini mempunyai khasiat untuk kesehatan.[2] Daunnya untuk batuk berdahak, mngrskn badan, mual, kanker dan sariawan.[2]  Sdngkn bjnya untuk sembelit dan mual.[2] Rebusan akar cerme dgnkn untuk mrngkn asma & mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak jg dihasilkan dr kulit akarnya.

Pohon cerme kerap ditanam sbg peneduh atau penghias hlmn & taman. Tanaman ini dapat tmbh di daerah tropis dan subtropis, menyukai tempat yang lembap sampai ktnggn sktr 1.000 m dpl. Cerme bisa dibiakkan melalui biji atau stek.

Jenis berkerabat

Cerme berkerabat dkt dengan pohon malaka (Phyllanthus emblica) dan meniran (P. niruri); keduanya adl tanaman yang berkhasiat obat.

 

2019-03-10 3:56:02 * 2019-03-10 02:55:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cermai | manfaat buah cermai adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cermai | manfaat buah cermai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit