Gaharu | tanaman kayu gaharu

Gaharu | tanaman kayu gaharu

Gaharu adalah kayu brwrn kehitaman & mengandung resin khas yang dihslkan oleh ssejmlhjenis tanaman dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dignkn dlm industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) krn berbau harum. Gaharu sjk awal era modern (2000 thn yg lalu) telah mnjd komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, serta Afrika Timur.

Berdasarkan studi dr Ng et al. (1997)[1], diketahui spesies-spesies berikut ini menghasilkan resin gaharu apbl terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand & Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, dan India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihslkn oleh tanaman sbg respon dari mikroba yg msk ke dalam jrngn yg terluka.[2] Luka pada tumbuhan berkayu dpt disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun scr sengaja dg pengeboran dan penggergajian.[2] Masuknya mikroba ke dlm jrngn tumbuhan dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin trsbt dpt brp resin brwrn coklat dan beraroma harum, serta mnmpk pd pembuluh xilemfloem untk mncgh meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Namun, apbl mikroba yg menginfeksi tumbuhan dpt mengalahkan sistem pertahanan tumbuhan maka gaharu tidak trbntk dan bagian tumbuhan yg luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cbng tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dapat mnghslkan aroma yg harum karena mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol.[4] Untk kepentingan komersil, msyrkt mengebor batang tanaman penghasil gaharu & memskkn inokulum cendawan ke dlmnya. Setiap spesies tanaman penghasil gaharu mempunyai mikroba spesifik untk menginduksi penghasilan gaharu dalam jumlah yang bsr. Beberapa contoh cendawan yg dapat dignkn [sbg|sebagai} inokulum adl Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium & Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu bnyk diperdagangan dg hrg jual yg sngt tinggi terutama untk gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yg dlm dunia perdgngan disebut sbg gaharu beringin.[5] Untuk spesies gaharu dg nilai jual yg relatif rendah, biasanya disebut sebagai gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dr jenis tumbuhan penghasilnya, kualitas gaharu jg ditentukan oleh bnyknya kandungan resin dalam jrngn kayunya[5]. Smkn tinggi kandungan resin di dlmnya maka hrg gaharu trsbt akan semakin mhl dan begitu pula sebaliknya.[5] Secara umum perdgngan gaharu diglngkn menjadi tiga kls bsr, yaitu gubalkemedangan, dan abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dengan kandungan damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penampakan fisik berwarna kecoklatan smp abu-abu, mempunyai serat kasar, dan kayu lunak.[6] Kls trakhr adl abu gaharu yg mrpkn serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sebelum dijadikan bahan baku parfum, gaharu harus diolah trlbh dahulu untk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yg trkndng di dalamnya. Sebagian kayu gaharu dapadijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dr kayu tersebut.[7] Untk mendapatkan minyak gaharu dg distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kmdn dipndhkn ke dalam suatu tmpt untk menguapkan air hngg minyak yang terkandung keluar ke prmkn wadah & senyawa aromatik yang menguap dpt dikmplkan scr terpsh.[7] Teknik distilasi uap mnggnkn potongan gaharu yang dimskkn ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yg mnybbkn sel tanaman dapat trbk dan minyak dan senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan mmbw senyawa aromatik trsbt kemudian melalui tempat pendinginan yg membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan.[7] Cairan yg berisi campuran air & minyak akan dipisahkan hingga trbntk lapisan minyak di bgn atas dan air di bawah.[7] Salah satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yg trbntk karena tekanan tinggi.[7] CO2cair berfungsi sbg pelarut aromatik yang digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini mngntngkan krn tidak terdapat residu yang tersisa, CO2 dapatdg mdh diuapkan saat berbentuk gas pd suhu & tknn normal.[7]

Konservasi

Pada tahun 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat mntpkn bahwa pohon gaharu spesies A. malaccensis masuk ke dlm Appendix II, yaitu tanaman yang dibts perdangannya.[8] Penetapan tersebut dikarenakan populasi tumbuhan pnghsl gaharu semakin menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dpt mengenali dg tpt mana tumbuhan yg sudah mngndng gaharu & siap dipanen.[9] Untuk mncr tanaman penghasil gaharu, para pengusaha mnbng puluhan pohon yg salah (tdk mnghslkan gaharu) sehingga jmlh tanaman tersebut sngt brkrng.[9] Pada tahun 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria dan Gyrinops dimskkn ke dlm daftar Appendix 2 untuk mmbts perdgngnnya sehingga perdagangan gaharu hrs memiliki izin dari CITES & dlm kuota trtnt.[10] Hal ini dilkkn untk memastikan spesies pohon gaharu alam dpt brkmbng dan trsbr dengan baik.[9]

 

2019-03-10 16:04:05 * 2019-03-10 15:28:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman kayu gaharu adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman kayu gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit