Kersen | buah kersen obat diabetes

Kersen | buah kersen obat diabetes

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman sklgs buahnya yang kecil dan manis brwrn merah cerah. Di beberapa daerah, sprt di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untuk ceri yang sbnrny, lihat artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adalah datilesaratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Jg dikenal sbg capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, &  Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu mnybtnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dr sini diambil mnjd kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yang mnybtnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksi&  alami shngg bs menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dlm botol siapminum, teh daun Kersen ini menjadi mnmn herbal yang digemari para remaja.

Pemerian

Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, meski umumnya hny sktr 3-6 meter saja. Hijau abadi&  trs mnrs berbunga dan  berbuah spnjng tahun.

Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; mmbntk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus brcmpr dengan rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.

Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi &  berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering dan  rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.

Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua dan  berbilangan 5; kelopak brbg dalam, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari brjmlh banyak, 10 sampai lbh dr 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; nmn setelah mnjd buah menggntng ke bwh, trsmbny di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hmpr sempurna, diameter 1-1,5 centimeter, hijau kuning dan  akhirnya merah apblmasak, bermahkota sisa tangkai putik yang tdk rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu bj yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging &  sari buah yg manis sekali.

Selain itu, buah kersen jg dapat dgnkn untuk obat penyakit asam urat, diabetes, &  msh bnyk lagi.

Hasil, ekologi dan penyebaran

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan  codot. Anak-anak sklh sering memanjat pohonnya, mngglkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan  kulit batang yang terklps. Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Pohon kersen di Indonesia mdh dijumpai. Biasanya tanaman ini dijdkan tmpt teduh bg tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan  mudah kering, sngt berguna sbg kayu bakar. Kulit kayunya yang mdh dikupas dgnkn sebagai bahan tali dan  kain pembalut. Daunnya dapat dijdkn semacam teh.

Burung-burung pmkn buah, sprt klmpk merbah &  burung cabe, sering mengunjungi tanaman ini di wkt siang untk memakan buah atau sari buahnya yg manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka varietas kelelawar pmkn buah yg dating dengan tjn yang sama. Bj kersen tdk tercerna oleh burung &  codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sekaligus bfngs sbg pemencar bjnya.

Pohon kersen khususnya brgn sbg tanaman peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya sering tmbh sebagai semai liar di tepi jln, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan  akhirnya tmbhdengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai pohon naungan. Sebab itulah pohon kersen acapkali ditemukan di wly perkotaan yang ramai dan  padat, di tepi trotoar dan  lahan parkir, di tepi sungai yg tidak terurus atau di tmpt-tmpt yg biasa kering berkpnjngn.

Karena sifat-sifat &  daya tahannya itu, kersen mnjd salah satu tumbuhan pionir yg paling bnyk ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dr Amerika tropis (Meksiko selatan, KaribiaAmerika Tengah smp ke Peru dan Bolivia), kersen dibw masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan  lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

2019-03-10 23:23:07 * 2019-03-10 22:15:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen | buah kersen obat diabetes adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen | buah kersen obat diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit