Mahoni | pohon mahoni dapat dimanfaatkan untuk

Mahoni | pohon mahoni dapat dimanfaatkan untuk

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 varietas tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tumbuhan besar dg tinggi tumbuhan mencapai 35–40 m & diameter mncp 125 centimeter.[2] Btng lurus brbntk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sdngkn kulit batang brwrn abu-abu dan  halus ktk msh muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur &  mengelupas stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tmbh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yg dkt dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sbg tanaman pelindung.[5] Tumbuhan yang asalnya dr Hindia Barat ini, dapat tumbuh sbr bila tumbuh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Tumbuhan mahoni dapat mngrng polusi udara sekitar 47% - 69% shngg dsbt sbg tanaman plndng sklgs filter udara dan  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sktrnya. Sblknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sktrnya mnjd sgr.[7] Ktk hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yg jatuh, shngg menjadi cdngn air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilaporkan dapat mlncrkn peredaran darah shngg para pndrt penyakit yang mnybbkn trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sebagai obat, mngrng kolesterol, penimbunan lemak pd slrn darah, mngrng rasa sakit, pendarahan &  lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untk menyingkirkan radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, mmbnt mngktkn sstm kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati dan  memperlambat proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yang dpt bertahan hidup di tanah gersang mnjdkn pohon ini sesuai ditnm di tepi jalan. Bg pnddk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bukanlah pohon yang baru, karena sjk zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Pohon Asam, sudah banyak ditnm di pnggr jalan sebagai peneduh terutama di spnjng jln yang dibngn olehDaendels antr Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 thn terakhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yg cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris krn sftnya yang tdk mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sdkt dibawah kayu jati shngg sering dijlk sebagai primadona kedua untk mwrn pakaian. Kain yg direbus brsm kulit mahoni akan menjadi kuning dan  tidak mudah lntr.Sedangkan getah mahoni yg dsbt jg blendok bisa diprgnkn sbg bahan baku lem, &  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj tumbuhan mahoni juga dapat digunakan sbg pestisida nabati untk mngndlkn hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pd stadia larva. Pnggnn insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian yg brtjn untk mengurangi dmpk negatif akbt penggunaan insektisida sintetik yang tidak bijaksana.

 

2019-03-12 23:11:15 * 2019-03-12 22:52:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni dapat dimanfaatkan untuk adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni dapat dimanfaatkan untuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit