Vanili | tanaman vanili hidroponik

Vanili | tanaman vanili hidroponik

 

Vanili (Vanilla planifolia) adl tanaman pnghsl bubuk vanili yang biasa dijdkn pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang brbntk polong.

Tanaman vanili dikn pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nm daerah dariI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tumbuhan vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 cm. Tumbuhan mlkt pd pohon atau tonggak yang telah disdkn.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Letaknya berselang-seling pd masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dg kepnjngn 10-25 centimeter srt lbr 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dg ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak stlh daun trsbt tua atau mengering, sdngkn pd wkt daun masih muda tdk jls klhtn.

Rangkaian bunga vanili adl bunga tandan yang terdiri dr 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bntk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 centimeter dan berbau agak wangi.

Bunga vanili trdr dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yg terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bgn luar (sepal) sedikit lbh besar drpd bagian dalam petal. Satu dr petalnya berubah bntk, mngglng sprt corong yang disebut bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tumbuhan vanili dpt berbuah krn ada serangga yang membantu penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili tertutup oleh bibir, sehingga penyerbukan scr alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lbh tinggi drpd kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disana akan sgr mnmpl & terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yg [tlh|telah} mekar hanya dapat berthn satu hari. Jk bunga yang telah mekar itu tdk segera dikwnkn, akan layu dan kmdn rontok. Oleh sebab itu hrsssrng keliling kebun untuk mngntrl perkmbngn vanili.

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adlpada pg hari. Hari-hari basah & kering sekali tidak baik untuk penyrbkn. Berhasil atau tidaknya penyrbkn akan tampak stlh dua atau tiga hari. Bunga yg berhasill diserbuki akan brbh warnanya mnjd lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya tetap mnmpl pd tandan bunga. Bunga yang tidak brhsl diserbuki akan gugur. Setelah terjadi pembuahan antara 10-15 buah, bunga pada tandan yg msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pada pmbntkn dan pmbsrn buah.

Pd waktu bunga mekar, pnjng bakal buah 2-4 cm dg garis tengah 5 millimeter. Satu minggu setelah penyerbukan bakal buah itu dpt mncp pnjng 8-10 cm. Lima minggu kemudian buah telah mencapai panjang maksimal 20-25 centimeter, dg garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mencapai perkembangan yg maksimal, lima atau enam bln kmdn buah akan masak.

Wrn buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dg garis-garis kuning mnjlng matang. Buah yg tlh matang brwrn coklat tua. Jika dibiarkan matang di pohon, buah akan pch menjadi dua bgn, & mybrkn aroma vanili. Bj buah kecil-kecil, bnyk skl jumlahnya, berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-03-13 7:50:12 * 2019-03-13 06:46:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tanaman vanili hidroponik adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tanaman vanili hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit