Bisbul cara makan buah bisbul

3:50:01 Bisbul adl nama sejenis buah sekaligus tanaman pnghslnya. Tanaman ini berkrbt dg kesemek dan kayu hitam.
Nama ilmiahnya adl Diospyros blancoi A. DC., nmn sering dsbt dg nm yg tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pd kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul merupakan tumbuhan yg sdng tingginya, 10-30 m, meskipun umumnya hanyasktr 15 meter atau kurang. Berbatang lurus, dg pepagan brwrn hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 cm atau lbh di pangkal batang, bercbng kurang lbh mendatar & bertingkat, dg tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat & rapat daun-daunnya shngg gelap di bgn dlmnya.
Daun-daun tersusun berseling, brbntk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dg pangkal membundar & ujung meruncing, bertangkai sktr 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, seperti kulit; sisi bwh berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kmdn merah trng dan lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras & padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju & durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yg mnybtkan baunya mrp dg kotoran kucing. Bj hingga 10 btr, berkulit kecoklatan, berbentuk bj agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bagian tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tumbuh dg baik di daerah tropika beriklim muson, pada brbg varietass tanah smp dg ketinggian 800 m] dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; [nmn di Bogor buah tlh dapat dipetik antara Maret-Mei.
Tumbuhan ini terutama ditanam untuk buahnya, yang dpt dimkn segar atau sbg cmprn mnmn dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat & keras; di Filipina (dinamai kamagong)mrpkn bhn kerajinan yg berharga dan dilindungi oleh undang-undang. Krn tajuknya yg bagus,tanaman bisbul jg kerap ditnm di taman-taman dan tepi jln.
Asal usul dan kerabat
Tumbuhan ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang bnyk dari anggtnnya mempunyai kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jarang, kelompok ini dikenal sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia dijumpaihidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder dan juga dibddykan di pekarangan. Kini bisbul tlh mnybr di brbg negeri tropis, termasuk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Banyuasin Kota Serang Toli-Toli Kab. Lombok Barat Kab. Kendal Toli-Toli Kab. Klaten Bengkulu Ambon Klungkung Pegunungan Bintang Kota Batu Kutai Timur Lampung Barat

Dan Kec lainnya Kec. Atu Lintang Kec. Wonokerto Kec. Pangandaran Kec. Leles Kec. Langsa Kota Kec. Susukan Kec. Rembang Kec. Gunung Kencana Kec. Ujung Kec. Matesih Kec. Tambelangan Kec. Gending Kec. Cipunagara Kec. Kauman Kec. Borbor Kec. Ibun Kec. Sipispis Kec. Sidamulih Kec. Kandangan Legon Kulon

Tag Bisbul cara makan buah bisbul

Tag search: cara makan buah bisbul Bisbul


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul cara makan buah bisbul adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul cara makan buah bisbul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit