Kelapa kelapa sangrai

16:24:01 Kelapa (Cocos nucifera) adl anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Pohon ini dimnftkn hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sbg tumbuhan serbaguna, terutama bg masyarakat pesisir. Kelapa jg adalah sebutan untk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini tlh menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Pohon dg batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas nmn bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dg pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dg pertulangan menyirip, daun bertoreh sngt dlm sehingga nampak sprt daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; trdpt bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sdngkn bunga jantan di bgn yg jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yg berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (dsbt batok) & kedap air; endokarp melindungi biji yg hanya dilindungi oleh membran yg melekat pada sisi dlm endokarp. Endospermium brp cairan yang mengandung bnyk enzim, & fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan smkn tua buahnya; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (dsbt kentos).

Kelapa scr alami tumbuh di pantai & pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tmbh hngg ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dg meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Kelapa adalah pohon serba guna bg masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimnftkn orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pd Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dg mutu menengah, & dpt dipakai sebaga papan untk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sebagai bhn anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dalam berbagai upacara, & menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yg sudah dikeringkan, dsbt lidi, dihimpun mnjd satu mnjd sapu.

Tandan bunga yg masih muda, yg dsbt mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untk hiasan dlm upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dlm pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dlm bahasa Jawa dapat dimakan. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dpt diminum sbg penyegar atau difermentasi menjadi tuak. Gula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adl bgn paling bernilai ekonomi. Sabut bgn mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bhn bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yg sebetulnya adl bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, & bahan baku brbgkerajinan tangan.

Endosperma buah kelapa ygbrp cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adl sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih & lunak serta biasa disajikan sbg es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mngndng beraneka enzim & memilki khasiat penetral racun & efek penyegar/penenang. Bbrp kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini dsbt (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinmkn santan. Daging buah tua ini jg dpt diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adl bahan baku pembuatan minyak kelapa & turunannya. Cairan buah tua biasanya tdk mnjd bhn minuman penyegar & merupakan limbah industri kopraNmn, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat mnjd bahan semacam jelly yg disebut nata de coco & merupakan bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dpt dimanfaatkan sbg penambah aroma pd masakan daging serta dpt dimanfaatkan sebagai obat rambut yg rontok.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Bulungan Kab. Wonosobo Kota Sukabumi Lampung Barat Kab. Sumba Tengah Kota Sukabumi Bandar Lampung Merangin Maluku Tenggara Barat Kab. Tulungagung Kota Depok Bantul Tanjungbalai Murung Raya

Dan Kec lainnya Kec. Sumay Kec. Bancak Sungai Kunyit Kec. Karangpawitan Kec. Camplong Kec. Cibingbin Kec. Laubaleng Kec. Manyaran Kec. Rungkut Kec. Gantiwarno Kec. Gunung Tanjung Kec. Panyabungan Barat Kec. Bakam Kec. Kemang Kec. Bangsal Kec. Kwadungan Kec. Tajurhalang Sagalaherang Kec. Umbulsari Kec. Genuk

Tag Kelapa kelapa sangrai

Tag search: kelapa sangrai Kelapa


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kelapa kelapa sangrai adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kelapa kelapa sangrai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit