Cengkih harga cengkeh 2018

9:13:01 Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dlm bahasa Inggris dsbt cloves, adl tangkai bunga kering beraroma dr keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adl tanaman asli Indonesia, bnyk dgnkn sbg bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bhn utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditnm terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) & Madagaskar; sln itu jg dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Tumbuhan ini adalah flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian
Pohon cengkih merupakan tumbuhan tahunan yg dapat tmbh dengan tinggi 10–20 meter, memiliki daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pd awalnya brwrn hijau, & brwrn merah jk bunga sudah mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5–2 centimeter.


Penggunaan
Cengkih dpt dgnkn sbg bumbu, baik dalam bntknya yg utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan diEropa & Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sbg bahan rokok kretek. Cengkih juga digunakan sbg bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan jg untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yg ditumbuk halus dapat dgnkn sebagai pestisida nabati dan efektif cuntk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg mmbrkn 50-100 gram daun cengkih kering per pohon[1].

Sejarah cengkih
PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan stp orang ygmndktnyauntksblmnya menguyah cengkih, agar harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. pd akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tkr menukardi Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dg perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu jg dengan perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis mmbw banyak cengkih yg mereka peroleh dr kepulauan Maluku ke Eropa. pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. dengan susah payah orang Prancis brhsl membudayakan tanaman Cengkih di Mauritius pd tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di Guyana, Brasilia& Zanzibar.
pPda abad ke-17 & ke-18 di Inggris harga cengkih sama dg harga emas karena tingginya biaya impor. Sbb cengkih disana dijdkn salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bg warga & sktrnya yg mengonsumsi tumbuhan cengkih tsbt. Smp skrng cengkih mnjd salah satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.
Tanaman cengkih yang dianggap tertua yg msh hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Pohon yg disebut sbg Cengkih Afo ini berumur 416tahun, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, & keliling batang 4,26 meter. Stp tahunnya ia mmp mnghslkn sekitar 400 kg bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih
Minyak esensial dr cengkih mempunyai fungsi anestetik & antimikrobial. Minyak cengkih sering dgnkn untk menghilangkan bau napas dan untuk mnghlngkn sakit gigi. Zat yg terkandung dalam cengkih yg bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga dgnkn dlm campuran tradisional chojiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "choji" berarti cengkih; "yu" brrt minyak) & dgnkn oleh orangJepang untk merawat permukaan pedagang mereka.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Bombana Kepulauan Seribu Kab. Pati Donggala Kepulauan Yapen Kab. Pati Kab. Kudus Sungai Penuh Kota Sukabumi Gayo Lues Teluk Wondama Kepulauan Yapen Solok Selatan Kepulauan Seribu

Dan Kec lainnya Kec. Sambong Kec. Reban Tubo Sendana Kec. Unterwiris Kec. Larangan Kec. Ronggur Nihuta Kec. Petungkriono Kec. Cicantayan Kec. Marbau Kec. Paciran1 Kec. Tarub Kec. Koto Ilir Kec. Srandakan Kec. Krung Barona Jaya Kec. Karang Sembung Cikarang Barat Kec. Bumijawa Kec. Balocci Kec. Benowo Kec. Rumbio Jaya

Tag Cengkih harga cengkeh 2018

Tag search: harga cengkeh 2018 Cengkih


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih harga cengkeh 2018 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih harga cengkeh 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit