Kelapa kelapa cabang tiga

15:55:01 Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Pohon ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia shngg dianggap sbg pohon serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa jg adl sebutan untk buah yg dihasilkan pohon ini.

Pohon ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Tumbuhan dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal & berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas nmn bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dlm sehingga nampak sprt daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; trdpt bunga jantan & betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yg jauh dr pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) & kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yg melekat pada sisi dalam endokarp. Endospermium brp cairan yg mengandung bnyk enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan semakin tua buahnya; embrio kecil & baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (dsbt kentos).

Kelapa scr alami tmbh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dpt tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dg meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dpt dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yg dsbt kayu glugu, dipakai orang sbg kayu dg mutu menengah, & dpt dipakai sbg papan untk rumah.

Daunnya dipakai sbg atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sebagai bhn anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yg sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan mnjd bentuk kerajinan tangan yg berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun mnjd satu mnjd sapu.

Tandan bunga yg msh muda, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sbg bhn pengganti gori dlm pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, dsbt bluluk dlm bahasa Jawa dapat dimakan. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga, dsbt (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dpt diminum sbg penyegar atau difermentasi menjadi tuak. Gula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adalah bgn paling bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yg brp serat-serat kasar, diperdagangkan sbg bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yg sebetulnya adl bagian endokarp, dipakai sebagai bhn bakar, pengganti gayung, wadah minuman, & bahan baku brbgkerajinan tangan.

Endosperma buah kelapa yangberupa cairan serta endapannya yg melekat di dinding dlm batok ("daging buah kelapa") adalah smbr penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim & memilki khasiat penetral racun & efek penyegar/penenang. Bbrp kelapa bermutasi shngg endapannya tidak melekat pd dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini dsbt (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini jg dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yg disebut kopra. Kopra adl bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak mnjd bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopraNmn, cairan ini dpt dimnftkn lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yg dsbt nata de coco & mrpkn bhn cmprn minuman penyegar. Daging buah kelapa jg dpt dimnftkn sbg penambah aroma pada mskn daging serta dpt dimnftkn sbg obat rambut yg rontok.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Toli-Toli Padang Pariaman Aceh Barat Daya Pegunungan Bintang Kab. Tasikmalaya Aceh Barat Daya Lampung Selatan Rejang Lebong Kab. Majalengka Kab. Lamongan Tanjung Jabung Timur Kota Kupang Kab. Sukoharjo Minahasa Utara

Dan Kec lainnya Kec. Tamansari Kec. Bendosari Kec. Taman Kec. Banjarsari Kec. Legok Kec. Manguharjo Kec. Cisayong Kec. Cibeureum Kec. Muara Dua Kec. Puncu Kec. Karau Kuala Kec. Samarinda Utara Kec. Rajadesa Kec. Dayeuhluhur Kec. Pinang Sori Kec. Pane Kec. Ma'rang Kec. Sakra Kec. Dolok Kec. Semende Darat Laut

Tag Kelapa kelapa cabang tiga

Tag search: kelapa cabang tiga Kelapa


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kelapa kelapa cabang tiga adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kelapa kelapa cabang tiga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit