Pala | cara cangkok pohon pala

Pala | cara cangkok pohon pala

 

Pala (Myristica fragrans) mrpkn tumbuhan brp tanaman yg berasal dr kepulauan BandaMaluku. Akbt nilainya yg tinggi sebagai rempah-rempahbuah & bj pala telah menjadi komoditi perdagangan yang pntng sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dlm ensiklopedia kry Plinius "Si Tua". Smnjk zmn eksplorasi Eropa pala trsbr luas di daerah tropika lain sprt Mauritius & Karibia (Grenada). Istilah pala jg dipk untuk biji pala yang diperdagangkan.

Pohon ini berumah dua (dioecious) sehingga diknl pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya brbntk lonjong seperti lemon, brwrn kuning, berdaging dan beraroma khas krn mngndng minyak atsiri pd daging buahnya. Bl masak, kulit dan daging buah mmbk dan biji akan trlht trbngks fuli yang brwrn merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Pala dipnn bijisalut bjnya (arillus), dan daging buahnya. Dlm perdagangan, salut bj pala dinmkan fuli, atau dalam bahasa Inggris dsbt mace, dalam istilah farmasi disebut myristicae arillus atau macis). Daging buah pala dinamakan myristicae fructus cortex. Panen pertama dilakukan 7 smp 9 thn stlh pohonnya ditnm & mncp kmmpn produksi mksmm stlh 25 thn. Tmbhnya dpt mencapai 20 m & usianya bisa mencapai ratusan tahun.

Sblm dipasarkan, biji dijemur hngg kering setelah dipsh dr fulinya. Pengeringan ini memakan wkt enam sampai delapan minggu. Bgn dalam bj akan menyusut dlm proses ini dan akan terdengar bila biji digoyangkan. Cangkang bj akan pecah dan bagian dalam bj dijual sebagai pala.

Bj pala mngndng minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sbg pnydp untk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan mnmn penyegar (sprt eggnog). Minyaknya jg dipakai sbg cmprn parfum atau sabun.

 

2019-03-12 4:25:14 * 2019-03-12 04:20:03

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pala | cara cangkok pohon pala adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pala | cara cangkok pohon pala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit