Bisbul buah bisbul mentega

9:03:58 Bisbul adl nm sejenis buah sekaligus tumbuhan pnghslnya. Tumbuhan ini berkrbt dg kesemek & kayu hitam.
Nm ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., nmnsrng dsbt dg nm yg tdk sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adl buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pd daging buahnya ketika matang), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pd kulit buahnya yg berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul merupakan tumbuhan yg sdng tingginya, 10-30 m, mskpn umumnya hnysekitar 15 meter atau kurang. Berbatang lurus, dg pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 centimeter atau lebih di pangkal batang, bercabang kurang lbh mendatar & bertingkat, dengan tajuk keseluruhan brbntk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya sehingga gelap di bgn dalamnya.
Daun-daun tersusun berseling, brbntk lonjong, 2,5-12 × 8-30 centimeter, bertepi rata, dengan pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, seperti kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan trssn dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan trltk di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kmdn merah trng & lalu agak kusam apabila masak, dg “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras & padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yg tipis berbulu. Bau keras agak mrp keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yg mnybtkan baunya mrp dg kotoran kucing. Biji hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, brbntk biji agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bagian tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tmbh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pada brbg jenis tanah smp dengan ketinggian 800 meter di Bogor buah telah dpt dipetik antara Maret-Mei.
Tumbuhan ini trtm ditanam untk buahnya, yg dpt dimkn segar atau sbg campuran minuman dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bhn kerajinan yang berharga & dilindungi oleh undang-undang. Krn tajuknya yg bagus,pohon bisbul juga kerap ditanam di taman-taman & tepi jln.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini trmsk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yg bnyk dr anggtnnya mempunyai kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tidak jrng, kelompok ini dikenal sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukanhidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder & juga dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul tlh mnybr di brbg negeri tropis, trmsk Indonesia.



Tag Bisbul buah bisbul mentega

Tag search: buah bisbul mentega Bisbul .7 Manfaat Buah Bisbul si Buah Mentega Dokter Sehat Alternatif Herbal20190728 Nama bisbul mungkin masih terdengar asing Padahal manfaat buah bisbul bagi kesehatan tak kalah dengan buah lainnya yang lebihDijuluki Buah Mentega Apa Rasa Buah Bisbul Seperti Rasa Bobo Flora Dan Fauna20190915 Buah bisbul dikenal dengan nama buah mentega Kirakira mengapa diberi julukan buah mentega ya Apa rasa buah bisbul seperti rasaBuah Bisbulbuah mentega Shopee Indonesia BuahBisbulbuahmentegai534074941612021789vertin 48 4 dijual per 1 kg buah yang udh jarang banget dimana mana cocok untuk program hamil memakai kuriri tercepat diwilayah anda Jual Buah Bisbulbuah mentegaBisbul Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas wiki BisbulBisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya Nama nama lainnya adalah buah mentega buah lemak bahasa Melayu merujuk pada Bisbul Buah Lemak Berbulu yang Penuh Manfaat Indonesiagoid ragam komoditas sosial bisbulbuahlemakb20190630 Buah beludru atau yang lebih sering dikenal dengan buah bisbul Diospyros Buah bisbul yang kerap disebut buah mentega ini sudah mulaiBuah Mentega atau Bisbul Buah Yang Sudah Sangat Langka Di artikelBisbul Diospyros blancoi A DC dikenal juga sebagai Velvet Apple Inggris atau Buah Mentega Indonesia Merupakan buah yang awalnya hidup liar diBibit Tanaman Buah Mentega Bisbul HigarAgro Tanaman Buah MentegaKategori Mentega Tanaman Buah Tag Bibit bisbul Bibit buah bisbul Bibit buah mentega Bibit buah mentega


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul buah bisbul mentega adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul buah bisbul mentega"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit