Jeruk manfaat buah jeruk lemon

13:42:02

 

Jeruk atau limau adl semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk tanaman dengan buah yg berdaging dg rasa masam yang segar, mskpn bnyk di antara anggotanya yg memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dr kndngn asam sitrat yang memang menjadi trkndng pd semua anggotanya.

Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada bbrp anggota marga lain yg masih berkerabat dalam suku yg sama, seperti kingkit. dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".

Jeruk sangatlah beragam & beberapa spesies dpt saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang mempunyai karakter yang khas, yang berbeda dr spesies tetuanya. Keanekaragaman ini srngkl menyulitkan klasifikasi, penamaan & pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tdk diketahui dg jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adl keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus & Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yg membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kmdn membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk balijeruk nipis dan jeruk purut berasal dr Asia Tenggara.

Bnyk anggota jeruk yg dimanfaatkan oleh manusia sebagai bhn pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adl sumber vitamin C & wewangian/parfum pntng. Daunnya juga digunakan sbg rempah-rempah.

Pemerian

Pohon kecil, perdu atau semak besar, ketinggian 2-15 m, dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat.Daun hijau abadi dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin dan agak berminyak. Bunga tunggal atau dlm kelompok, lima mahkota bunga kadang-kadang empat) berwarna putih atau kuning pucat, [stamen] banyak, seringkali sangat harum. Buah bertipe "buah jeruk" (hesperidium), semacam buah buni, membulat atau seperti tabung, ukuran bervariasi dengan diameter 2-30cm tergantung jenisnya; kulit buah biasanya berdaging dengan minyak atsiri yang bnyk. Hama yang sering menyerang tanaman jeruk adalah kutu daun, ulat Pappilio memnonPhilocnitis, sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah embun tepung, embun jelaga, virus keriting.

Jeruk dapat tumbuh dengan baik pd ketinggian 0-400 mdpl. [2] Keadaan iklim yang baik bagi tanaman jeruk adalah pd kisaran suhu udara 25 °C - 30 °C atau rata-rata 20 °C, curah hujan tdk lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun, kelembaban udara 50 % - 85% dengan minimal 3 bulan kering. Jeruk harus ditanam di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit mnjd tebal dan rasa jeruk mnjd pahit. Keadaan tanah yg baik untuk ditanami jeruk adalah tanah yg gembur, memiliki kndngn bhn organik yang tinggi, memiliki aerasi dan drainase yang baik, dg nilai kemasaman (pH) 6-7.[2]

Buah & daunnya dimanfaatkan orang sebagai penyedap atau komponen kue/puding. Aroma yang khas berasal dr sejumlah flavonoid dan beberapa terpenoid. "Daging buah" mengandung banyak asam sitrat (harafiah: "asam jeruk") yang memberikan rasa masam yang tajam ttp segar.

 



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Lombok Tengah Kab. Cianjur Kab. Kupang Kota Mataram Parepare Kab. Kupang Bangka Berau Mappi Banyuasin Pakpak Bharat Aceh Tamiang Lhokseumawe Paniai

Dan Kec lainnya Kec. Tirto Yudo Kec. Panti Kec. Panca Lautang Kec. Teluk Betung Utara Kec. Tebet Kec. Merek Kec. Bojong Loa Kidul Kec. Kuta Alam Kec. Utan-Rhee Kec. Gondanglegi Kec. Pengadegan Kec. Sukowono Kec. Kibin Kec. Todanan Kec. Sungai Tarab Kec. Temanggung Kec. Purwosari Kec. Grabag Kec. Kembaran Kec. Sarang

Tag Jeruk manfaat buah jeruk lemon

Tag search: manfaat buah jeruk lemon Jeruk .10 Manfaat Jeruk Lemon Ini Minim Orang Tahu Terungkap Tips kesehatan 10manfaatjeruklemoniniminJeruk lemon merupakan salah satu buahbuahan yang banyak dijadikan sebagai bahan untuk minuman Jeruk yang satu ini memiliki beragam manfaat yang17 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Diet dan Wajah yang Jarang Health Health Info20181116 Liputan6com Jakarta Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat Di balik rasa asam jeruk lemon tersimpan manfaat yang10 Manfaat Jeruk Lemon yang Belum Banyak Terungkap Harapan Berita Terbaru20191103 manfaat jeruk lemon Buah lemon Foto Istimewa Selama ini manfaat jeruk lemon lebih identik dengan masalah perawatan kecantikanBercocok Tanam Jeruk booksMaka para pakar pengobatan tradisional memberikan julukan buah dengan beribu manfaat untuk jeruk nipis Beberapa manfaat jeruk nipis yang sudahManfaat Buah Manfaat Buahbuahan booksKandungan magnesium dalam buah jeruk sangat membantu kita dalam Campurkanlah tonik rambut dengan manfaat jeruk nipis kemudian simpan di lemariKhasiat Buah dan Sayur booksSetiap 100 g yang setara dengan 2 buah jeruk lemon ukuran sedang menyediakan 29 kalori 11 g protein 03 g lemak 93 g karbohidrat 29 g gula alami danMinum Air Lemon Setiap Hari Ini 10 Manfaatnya bagi Tubuh Anda Kesehatan Health Concerns20190331 Buah tersebut merupakan bagian dari keluarga buah jeruk seperti jeruk Berikut 10 manfaat yang bisa Anda raih jika mengonsumsi lemon 1Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya Terbukti Ilmiah Lifestyle


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Jeruk manfaat buah jeruk lemon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Jeruk manfaat buah jeruk lemon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit