Ketapang pohon ketapang di bandung

2:53:01 Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nm sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tmbh & membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan tumbuhan peneduh di taman-taman & tepi jln. Selain nm ketapang dg brbg variasi dialeknya (mslnya Bat.: hatapang; Nias: katafa; Mink.: katapieng; Teupah:lahapang; Tim.: ketapas; Bug.: atapang; dll.), tanaman ini jg memiliki banyak sebutan sprt talisei, tarisei, salrisé (Sulut);tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); & sbgnya.[2]

Dlm bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond,Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, & lain-lain.
Pemerian botanis
Tanaman besar, tingginya mencapai 40 m & gemang batang smp 1,5 meter. Bertajuk rindang dengan cabang-cabang yang tmbh mendatar & bertingkat-tingkat; tanaman yang muda sering tampak sprt pagoda. Pohon-pohon yang tua & besar acap kali berbanir (akar papan), tingginya bisa hngg 3 m.[3]

Daun-daun trsbr, sebagian bsrny berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hamper duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) cm, dg ujung lebar dengan runcingan dan pangkal yg menyempit perlahan, helaian di pangkal bentuk jantung, pangkal dengan kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bwh. Helaian serupa kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bwh; kemerahan jika akan rontok.[3][4]
Bunga-bunga berukuran kecil, trkmpl dalam bulir dekat ujung ranting, pnjng 8–25 centimeter, hijau kuning[3]. Bunga tak bermahkota, dengan kelopak bertaju-5, bntk piring atau lonceng, 4–8 mm, putih[4] atau krem. Benang sari dlm 2 lingkaran, trssn lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap sempit, 2,5–7 x 4–5,5 centimeter, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jk matang.[3][4]

Penyebaran dan ekologi
Ketapang mrpkn tumbuhan asli Asia Tenggara dan umum dijumpai di wlyh ini, kcl di Sumatra dan Kalimantan yang agak jarang didpt di alam. Pohon ini biasa ditanam di Australia bg utara & Polinesia; demikian pula di India, Pakistan,Madagaskar, Afrika Timur dan Afrika Barat, Amerika Tengah, srt Amerika Selatan.[5]

Pohon ini cocok dg iklim pesisir dan dataran rendah hngg ketinggian sekitar 400 meter dpl.; curah hujan antara 1.000–3.500 mm pertahun, dan bulan kering hingga 6 bulan[3]. Ketapang mengggrkn daun hingga dua kali setahun, sehingga tumbuhan ini bs thn menghadapi bulan-bulan yang kering[6]. Buahnya yg memiliki lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai dan laut[4] hingga berbulan-bulan, sblm tmbh di tmpt yg cocok. Buahnya jg disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat
Pepagannya & daun-daunnya dimnftkan orang untk menyamak kulit, sebagai bahan pewarna hitam, dan juga untuk membuat tinta[2]. Pepagan mnghslkn zat pwrn kuning kecoklatan sampai warna zaitun, dan mngndng11–23% tanin; smntr daun-daunnya mengandung 12 mcm tanin yang dpt dihidrolisis[5]. Dlm pd itu populer kyknn di kalangan penggemar ikan hias bhw mnrh daun-daun ketapang kering di akuarium, khssnya ikan cupang (Betta spp.), dpt memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan[7].

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan smp sdng, BJ-nya berkisar antr 0,465–0,675; cukup keras dan ulet, namun tidak bgt awet[5]. Kayu ini dalam perdagangan diknl sbg red-brown terminalia, dan dgnkn sebagai pntp lantai atau venir[8]. Di Indonesia, kayu ini digunakan dlm pembuatan perahu dan jg untk ramuan rumah[2].

Biji ketapang dpt dimkn mentah atau dimasak, konon lebih enak dr bj kenari, dan dgnkn sbg pnggnt bj amandel (almond) dlm kue-kue[2]. Inti bijinya yg kering jemur menghasilkan minyak berwarna kuning hngg setengah dari bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat & asam miristat. Bj kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), srt brbg macam asam amino.[5]

Jenis yang berkerabat
Nm ketapang juga dgnkn untuk menyebut T. gigantea V.Sl., yang tumbuh di tempat berpaya-paya di Simeulue bgn selatan[2]. Kerabat dekatnya yg menyerupai ketapang, di antaranya[3]:

• T. littorea, memiliki bulir bunga yg lebih pendek dan begitu juga buahnya (kecil, < 2,5 cm).

• T. glabrata, mempunyai tangkai daun yg panjang (1,5–2,5 cm), pangkal helaian daun tdk bebntk jantung, dan buah yang relatif lebih kecil dan menyegi.

Jenis lain, T. bellirica Roxb. yg dikenal sebagai jaha atau joho lawe (Jw.) menghasilkan buah yang dgnkn sbg bhn jamu, bahan penyamak dan bahan pewarna[2].



Tag Ketapang pohon ketapang di bandung

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Ketapang pohon ketapang di bandung adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Ketapang pohon ketapang di bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit