Cermai cara makan buah cermai

18:42:02

Ceremai, cereme atau cerme adl nm sejenis pohon dg buahnya sekali. Buah yang masam ini diknl pula dengan nama-nama lain seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) & lain-lain. Dalam bhs Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry & beberapa sbtn yg lain. Nama ilmiahnya adl Phyllanthus acidus.

 

Pemerian
Perdu atau tumbuhan kecil dengan ketinggian sampai 9 meter, bercabang rendah & renggang. Sepintas, tumbuhan cerme bukan tidak mirip dg tumbuhan belimbing wuluh.
Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, pnjng 2-7 centimeter, trssn di rantingnya sprt daun majemuk menyirip.
Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hngg 12 centimeter. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan mnyrp lilin, berdiameter hngg 2,5 centimeter, brgntngn sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam & bnyk berair, di tnghnya terdapat inti yang krs dengan 4-6 btr bj.

 

Manfaat
Buah cerme srng dimkn segar dengan dicmpr gula, garam atau dirujak. Cerme jg kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman pnygr. Daun mudanya digunakan sebagai lalap.
Daun & bj dr tumbuhan ini memiliki khasiat untuk kesehatan.[2] Daunnya untk batuk berdahak, mngrskn badan, mual, kanker dan sariawan.[2] Sedangkan bjnya untk sembelit dan mual.[2] Rebusan akar cerme digunakan untk meringankan asma & mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dhslkn dr kulit akarnya.
Pohon cerme krp ditanam sebagai peneduh atau penghias hlmn dan taman. Pohon ini bisa tumbuh di daerah tropis & subtropis, menyukai tempat yg lembap sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Cerme dapat dibiakkan melalui biji atau stek.

 

Jenis berkerabat
Cerme brkrbt dekat dengan pohon malaka (Phyllanthus emblica) & meniran (P. niruri); keduanya adalah tumbuhan yang berkhasiat obat.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Lampung Utara Kab. Belu Kab. Ponorogo Kab. Kapuas Hulu Metro Kab. Ponorogo Deiyai Lampung Selatan Belitung Kab. Sukabumi Kab. Sanggau Lamandau Luwu Timur Kota Tegal

Dan Kec lainnya Kec. Palipi Kec. Parigi Selatan Kec. Sobang Kec. Warung Kiara Kec. Purworejo/ Klampok Kec. Rangsang Kec. Aek Bilah Kec. Turen Kec. Nonggunong Kec. Sugihwaras Kec. Pantee Ceureumen Kec. Sedayu Kec. Juwangi Tabulahan Kec. Padang Sidimpuan Selatan Kec. Martoyudan Kec. Waru Kec. Ciamis Kec. Adimulyo Kec. Demak

Tag Cermai cara makan buah cermai

Tag search: cara makan buah cermai Cermai .32 resep buah cermai enak dan sederhana Cookpad cari buah cermai mudah dan enak Lihat juga resep Manisan cermai enak lainnya buah cermai gula pasir garam air pewarna makanan saya pakai yang warna merah 18 resep cara membuat manisan cermai enak dan sederhana cari cara membuat manisan cermaiHasil pencarian untuk cara membuat manisan cermai 18 resep buah cermai gula pasir garam air pewarna makanan saya pakai yang warna merah812 Resep U Mengobati 236 Penyakit booksMakan 2 kali sehari sebagai lalap Cara kedua daun komfrey dijus lalu sarinya diminum untuk 2 kali sehari Cara ketiga 90 Bahan Buah cermai 3 biji Pemakaian Buah cermai dicuci dan diparut kemudian diperas dan diambil airnyaCermai Si Buah Nikmat dengan Rasa Asam Legendaris yang Kini LucuAdalah cermai buah langka yang mungkin hanya bisa dikenali oleh anakanak tempo dulu Buah dengan bentuk manisan cermai Cara membuatnya juga cukup sederhana cukup campurkan gula garam pewarna makanan dan aduk rataEnsiklopedia perbidanan Melayu sebuah perbendaharaan ilmu booksBuah cermai kaya dengan vitamin C Rasanya yang masam selalu menjadi pi lihan Hari ini cara paling mudah untuk memastikan kehamilan adalah dengan itu mengambil makanan jenis asam seperti buah mangga muda asam papan Buah Cermai Assalamualaikumlekirmaiblogspotcom 201011 buahbuahanbuahcermai20101107 Buah cermai bukan sahaja menjadi makanan cemilan budak kampung bahkan bijinya Ada beberapa cara untuk memakan buah cermaiCake kue manis tanpa gula


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cermai cara makan buah cermai adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cermai cara makan buah cermai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit